SLOGAN KIM LUMAJANG

APA KABAR KIM LUMAJANG? MAJU TERUS, TANPA PAMRIH UNTUK LUMAJANG..!!!

Kamis, 05 Desember 2013

Batik Khas Kec. Kunir Kab. Lumajang

Lumajang (05/12). Desa kunir Kidul adalah desa yang cukup padat penduduknya. Desa ini adalah desa terdekat dari kota Kecamatan. Desa inilah yang merupakan cikal bakal tumbuhnya industri batik di kabupaten Lumajang, Karena dari sinilah awal mula batik dari ciri khas buah pisang di buat dan mulai dikenal masyarakat luas.

Batik motif buah pisang




proses awal pembuatan batik dengan membuat sketsa


Proses pemberian warna


          Industri batik yang mempunyai nama NANIA MAKARTI JAYA yang di kelolah oleh Bpk. Munir. Batik yang dihasilkan oleh Beliau sekarang ini sangat terkenal di kabupaten Lumajang. Bukan hanya kota Lumajng yang memakai batik Nania Makarti Jaya, tetapi sudah meluas sudah hampir seluruh Jawa Timur dan Jawa Barat. Di sampaing itu, Bpak. Munir juga menerima orderan batik untuk siswa sekolah.
Kujungan dari HUMAS Kab. Lumajang

Proses pembuatan batik cetak
Dengan corak yang beragam dan berciri khas buah pisang, suku, gelombang samudra dan burung. Belakang ini industri Nania Makarti Jaya banyak pesanan batik dengan corak kembang api dan buah pisang. Di kampung ini kita dapat melihat proses pembuatan batik mulai dari pembuatan motif, melukis di kain (canting), pewarnaan, perebusan hingga hasil jadi.


Pemasaran Batik dalam Pertemuan KIM Se-Kab. Lumajang
di Pendopo Kec. Kunir (30/11)
Selain batik tulis, juga terdapat batik cetak bahkan perpaduan keduanya. Harganya pun beragam, mulai 150 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung dari motif, kain dan warna. Contoh dari batik cetak yaitu seragam siswa SMP PGRI Kec. Kunir. Yang merupakan ciri batik Kunir selain warnanya cerah dan mencolok. Bila anda anda berkunjung ke Kecanatan Kunir tidak lengkap kalau tidak membeli oleh – oleh yang satu ini. Batik Kunir yang cukup terkenal di Pulau Jawa. Jika anda berminat, silahkan hubungi contact persont kami ,,,,,,

0 komentar:

Posting Komentar