SLOGAN KIM LUMAJANG

APA KABAR KIM LUMAJANG? MAJU TERUS, TANPA PAMRIH UNTUK LUMAJANG..!!!

Jumat, 18 Oktober 2013

Penemuan Artefak Peninggalan Purbakala Di Desa Kedungmoro Kec. Kunir Kab Lumajang


Artefak Kuda Kencak
Ditemukan relief di Desa Kedungmoro Kec. Kunir Kab. Lumajang tepatnya di lahan pembuatan batu bata. Lahan tersebut milik Bapak Tirsam di Dusun Kedungsari Desa Kedungmoro disewakan kepada Bapak Mulyono selama 4 tahun untuk pembuatan batu bata. Awal mula ditemukan oleh Bapak Supri pada hari kamis 10 oktober 2013 sekitar jam 10 pagi. 

Ditemukan relief yang diduga peninggalan dari agama hindu, adapun yang ditemukan disana yaitu:
1. Ukiran sesosok wanita penari
2. Relief kuda kencak, kepala gajah dan bunga
3. Bongkaran tiang dan potongan-potongan lain yang tidak utuh


Artefak Di Desa Kedungmoro Kab. Lumajang
Menurut arkeolog Kab. Lumajang Ibu Anis Purwandini (peneliti arkeolog lulusan udayana bandung), diduga peninggalan ini dibuat dari tanah liat atau batu bata yang dibentuk. Disana itu sering digunakan oleh orang-orang Majapahit. Masih diduga dilokasi tersebut masih banyak tersimpan sisa-sisa bangunan dan mungkin dulu terdapat kerajaan-kerajaan yang terkena bencana alam atau kerusakan-kerusakan lain seperti gempa bumi atau letusan gunung berapi dari Gunung Semeru. Disini ada patung dewa seperti Alureja, dan ini bias jadi adalah candi dan banyak ditemukan batu bata besar. Ditemukan juga patung/relief berbentuk Kuda Kencak yang ada di pinggiran tiang candi, berarti di zaman dulu sudah ada kesenian kuda kencak. 

Lokasi Penggalian
Menurut masyarakat, ada salah satu masyarakat sudah menemukan batu bata itu sudah lama dan dipakai tungku. Dan mitosnya yang dibuat menanak nasi tersebut tidak bisa masak. Jika ada orang mengambil batu bata tersebut dengan niat buruk, maka dia akan jatuh sakit. Cerita masyarakat setempat di tempat penemuan artefak tersebut, setiap malam jumat manis sering terdengar suara alunan gamelan yang sangat keras sekali, tetapi lambat laun suara itu hilang dengan sendirinya. Ada juga masyarakat yang pernah melihat ada penampakan keris, namun selang beberapa menit kemdian menghilang.

Dari beberapa uraian di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa di tempat penemuan relief benda purbakala di Desa Kedungmoro Kec. Kunir merupakan suatu perkampungan yang juga didukung oleh penemuan sebuah Lumpang (penumbuk padi) beberapa meter dari tempat penemuan artefak lainnya. Apabila semua ini benar merupakan salah satu peninggalan kebudayaan Hindu yang ada di Kab. Lumajang, akan menjadi pelengkap dari penemuan-penemuan sebelumnya di wilayah Kab. Lumajang, termasuk situs Biting di Kec. Sukodono.




(By Ali & Oliv, KIM KUNIR MAS)

0 komentar:

Posting Komentar